Manfaat Puasa

Category: What Must We Do Now? Published: Sunday, 16 September 2012

Manfaat Puasa

Oleh: Imam S.

Alhamdulillah, Sebentar lagi Ramadhan tiba. Sepatutnya lah kita Ummat Islam berbahagia dengan kedatangan Bulan yg Mulia ini. Ramadhan adalah Rahmat Allah kepada Ummat Islam. Dalam Bulan ini Allah Menggandakan segala Kebaikan kita. Perbuatan Sunnah bernilai setara dengan perbuatan Wajib diluar Ramadhan, sementara perbuatan Wajib Dinilai berlipat-lipat dalam bulan ini.

Pernahkah kita berfikir, apakah manfaat dari diwajibkannya kita berpuasa dalam bulan ini? Berikut adalah beberapa kesimpulan penulis tentang beberapa manfaat diwajibkannya berpuasa ini.

 

1)Allah melarang kita makan dan minum di siang hari pada buan-bulan ini adalah untuk menguji kita, seberapa patuhkah kita menuruti kemauan Allah untuk menghindari yg Halal, yakni makan dan minum selama siang hari di bulan Ramadhan. Agar ketika kita sudah terbiasa menahan diri kita hanya karena Allah, maka menjadi mudahlah seseorang menahan diri dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah.

2)Allah menginginkan kita merasakan keadaan yang sama seperti kaum fakir miskin, merasakan kelaparan yang sama yang mereka derita sehari-hari. Agar kita menjadi bisa ber-empati terhadap mereka, dan menjadikan kita mudah dalam memberi mereka, menjadi mudah bagi kita dalam bersedekah.

3)Dalam bulan Ramadhan, setiap Muslim menjadi amat mudahnya melakukan kebaikan, karena Allah memberi kelonggaran dengan mengikat Syetan-syetan yang menggoda. Dan dengan tertahannya nafsu kita makan dan minum karena Allah, Hal ini menimbulkan keterbukaan pada hati-hati Ummat Islam, dan membuat para Da’i dan Ulama menjadi mudah dalam menyampaikan nasihat dan pengajaran kepada semua kalangan Muslim.

Tiga hal inilah yang menurut penulis adalah beberapa hikmah-hikmah diwajibkannya kita berpuasa selama bulan Ramadhan. Hal-hal ini sejalan dengan tujuan Allah mewajibkan kita berpuasa, seperti dalam Surat Al-Baqarah : 183

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا

كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

 

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

(Al-Baqarah[2] : 183)

 

Shop